Jumat, 04 Maret 2011

Kasus Perkembangan Anak


CONTOH KASUS PERKEMBANGAN ANAK

Beberapa contoh kasus perkembangan belajar pada perioda anak sekolah yang dapat dikembangkan dari strategi belajar Multiple Intelligences.
     Banyak stategi-strategi mengajar yang dapat diterapkan oleh para pendidik khususnya para guru mata pelajaran untuk meningkatkan proses pembelajaran di sekolah dasar, sehingga anak dapat berkembang sesuai dengan potensi dan bakatnya. Seperti yang kita ketahui anak memiliki karakteristik yang berbeda hal tersebut merupakan tantangan bagi para guru untuk dapat memahami karaktersitik setiap anak berbeda-beda. Salah satunya dapat menggunakan strategi multple intelligensces (MI). Konsep MI yang menitikberatkan pada ranah keunikan selalu menemukan kelebihan setiap anak. Lebih jauh, konsep ini percaya bahwa tidak ada anak yang bodoh sebab setiap anak pasti memiliki minimal satu kelebihan. Apabila kelebihan tersebut dapat dideteksi sedari awal, otomastis kelebihan itu adalah potensi kepandaian sang anak.
     Sebuah pertanyaan bagi kita semua, mengapa masih banyak terjadi kegagalan dalam proses belajar? Banyak murid yang mengalami kebingungan dalam menerima pelajaran karena tidak mampu mencerna materi. Ternyata, banyaknya kegagalan siswa mencerna informasi dari gurunya disebabkan oleh ketidaksesuaian gaya mengajar guru dengan gaya belajar siswa, semua pelajaran akan terasa sangat mudah dan menyenangkan.
     Pada dasarnya gaya mengajar adalah strategi transfer informasi yang diberikan oleh guru kepada siswanya. Sedangkan gaya belajar adalah bagaimana sebuah informasi dapat diterima dengan baik oleh siswa. Gaya belajar disini diartikan dengan cara dan pola bagimana sebuah informasi dapat dengan baik dan sukses diterima oleh otak seseorang. Kemudian, setiap guru harus menyesuaikan gayanya dalam mengajar dengan gaya belajar siswa yang telah diketahui dari hasil Multiple Intelligence Research. Yang selanjutnya terjadi adalah quantum. Setiap guru akan masuk ke dunia siswa sehingga siswa merasa nyaman dan tidak berhadapan dengan resiko kegagalan dalam proses belajar. Inilah yang dimaksud asas utama quantum learning (gaya mengajar guru = gaya belajar siswa).

1 komentar:

  1. assalamu'alaykum..mampir htttp://tentarakecilku.blogspot.com

    BalasHapus