Jumat, 04 Maret 2011

Fase Perkembangan Kognitif Usia Kanak-kanak


FASE PERKEMBANGAN KOGNITIF USIA KANAK-KANAK
Sehubungan dengan meningkatnya kemampuan anak untuk mengeksplorasi lingkungan, karena bertambah besarnya koordinasi dan mengendalian motorik yang disertai dengan meningkatnya kemampuan untuk bertanya dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti orang lain, maka dunia kognitif anak berkembang pesat, makin kreatif, bebas dan imajinatif. Imajinasi anak-nak pra sekolah terus bekerja dan daya serap mentalny tentang dunia makin meningkat. Peningkatan pengertian anak tentang orang, objek atau benda dan situasi baru diasosiasikan dengan arti-arti yang telah dipelajari selama mas bayi.
1.        Perkembangan kognitif menurut teori Piaget. 
Menurut Piaget periode perkembangan kognitif tahap ini terjadi pada diri anak ketika berumur 2 sampai dengan 7 tahun. Tahap ini disebut dengan tahap pra-operasional (praoperational stage). Kata ‘pra’ dalam istilah praoperasional, menunjukan bahwa pada tahap ini teori Piaget difokuskan kepada keterbatasan pemikiran anak. Istilah ‘operasional’ meununjukkan pada aktivitas mental yang memungkinkan anak untuk memikirkan peristiwa-peristiwa atau pengalaman-pengalaman yang dialaminya. Pemikiran praoperasional tidak lain adalah suatu masa tunggu yang singkat bagi pemikiran operasional, sekalipun label “pra-operasional” menekankan bahwa anak pada tahap ini belum berpikir secara operasional.
Perkembangan kognitif dari anak-anak ini juga ditunjukkan dengan serangkaian pertanyaan yang diajukannya, yang tidak jarang orang tua mersa kebingungan untuk menjawabnya. Hal tersebut memberikan petunjuk akan perkembangan mental anak dan mencerminkan keingintahuan intelektual, serta menandai munculnya minat anak-anak akan penalaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar