Jumat, 04 Maret 2011

Bimbingan dan Konseling Komprehensif


Pengertian Bimbingan dan Konseling Komprehansif
Bimbingan dan konseling komprehensif atau yang disebut dengan bimbingan dan konseling perkembangan (karena mengharap semua aspek kehidupan peserta didik)merupakan orientasi baru dalam kegiatan layanan bimbingan dan konseling yang didasari fungsi pengembangan dengan prinsif antara lain; (1) dibutuhkan oleh semua peserta didik ; (2) fokus pada kegiatan belajar peserta didik;  (3) konselor dan guru merupakan fungsionaris yang bekerjasama;  (4) berorientasi tim dan pelayanan konselor profesional;  (5) memiliki dasar dalam psikologi anak, perkembangan anak dengan tujuan (1) mengenal dan memahami potensi, kekuatan, dan tugas-tugas perkembangannya, (2) mengenal dan memahami potensi atau peluang yang ada di lingkungannya, (3) mengenal dan menentukan tujuan dan rencana hidupnya serta rencana pencapaian tujuan tersebut, (4) memahami dan mengatasi kesulitan-kesulitan sendiri (5) menggunakan kemampuannya untuk kepentingan dirinya, kepentingan lembaga tempat bekerja dan masyarakat, (6) menyesuaikan diri dengan keadaan dan tuntutan dari lingkungannya; dan (7) mengembangkan segala potensi dan kekuatannya yang dimilikinya secara tepat dan teratur secara optimal
A.     Tugas Perkembangan Peserta Didik.
Bimbingan dan konseling komprehensif disebut juga bimbingan dan konseling perkembangan, karena dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling menyentuh semua aspek kehidupan atau perkembangan peserta didik. Tugas-tugas perkembangan adalah sebagai berikut:
1.  Tugas perkembangan peserta didik SD/MI dan sederajat :
a.   Menanamkan dan mengembangkan kebiasaan dan sikap dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b.   Mengembangkan keterampilan dasar dalam membaca, menulis, dan berhitung
c.   Mengembangkan konsep-konsep yang perlu dalam kehidupan sehari-hari
d.   Belajar bergaul dan bekerja dengan kelompok sebaya
e.   Belajar menjadi pribadi yang mandiri
f.    Mempelajari keterampilan fisik sederhana yang diperlukan baik untuk permainan maupun kehidupan
g.   Mengembangkan kata hati, moral dan nilai-nilai sebagai pedoman perilaku
h.   Membina hidup sehat, untuk diri sendiri, dan lingkungan serta keindahan
i.    Belajar memahami diri sendiri dan orang lain sesuai dengan jenis kelaminnya dan menjalankan peran tanpa membedakan jenis kelamin
j.    Mengembangkan sikap terhadap kelompok, lembaga sosial, serta tanah air bangsa dan negarak.      Mengembangkan pemahaman dan sikap awal untuk perencanaan masa depan      
2.   Tugas perkembangan peserta didik SMP/MTs dan sederajat :
a.   Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b.   Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perbuatan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
c.   Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam perannya sebagai pria dan wanita
d.   Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas
e.   Mengenal kemampuan, bakat dan minat serta arah kecenderungan karir dan aparesiasi seni.
      Mengembangkan pengerahuan dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/atau mempersiapkan atau berperan dalam kehidupan di masyarakat
g.   Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial dan ekonomi
h.   Mengenal system etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai mandiri, anggota masyarakat, dan warga negara       
3.   Tugas perkembangan peserta didik SMA/SMK/MA    dan sederajat :
a.   Mencapai kematangan dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b.   Mencapai kematangan dalam hubungan dengan teman sebaya, serta kematangan dalam perannya sebagai pria dan wanita
c.   Mencapai kematangan pertumbuhan jasmaniah yang sehat
d.   Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan seni sesuai dengan program kutikulum dan persiapan karir atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan yang lebih luas
e.   Mencapai kematangan dalam pilihan karir
f.    Mencapai kematangan gambar dan sikap tentang kehidupan mandiri, secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi
g.   Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
h.   Mengembangkan kemampuan berkomunikasi sosial dan intelektual serta apresiasi seni
i.    Mencapai kematangan dalam system etika dan nilai


selengkapnya download alamat di bawah ini

 http://www.ziddu.com/download/14046736/BIMBINGANDANKONSELINGKOMPREHENSIF.doc.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar